Search

Tips Workout Mudah Dari Rumah

Updated: May 24

Adaptasi kebiasaan baru memang penting untuk dilakukan, namun di sisi lain hal ini membuat kebiasaan menjadi banyak berubah sehingga menimbulkan berbagai macam dampak, terutama bagi kaum urban yang tinggal di kota besar. Seperti contoh, setiap hari kita harus mengenakan masker atau bahkan face shield membiarkan benda-benda tersebut menempel terlalu lama di wajah membuat sensasi tidak nyaman.


Kemudian selama pandemi aktivitas di luar rumah menjadi amat terbatas terlebih dengan adanya pembatasan jarak sosial hal tersebut menyebabkan kebanyakan aktivitas dilakukan dari rumah, dengan beraktivitas dari rumah tak jarang membuat kita merasa seperti tahanan rumah. Ditambah mobilitas yang terbatas dan pola makan yang tidak teratur menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak terkontrol. Kebiasaan baru yang berubah begitu cepat dapat menimbulkan stres, stres bukan hanya ditimbulkan dari perubahan yang mendadak, namun pola komunikasi yang ikut berubah dengan adanya pembatasan sosial kadang membuat kita merasa kesepian.


Semua masalah ini dapat memicu munculnya stres dalam diri seseorang, apabila tidak segera ditangulangi stres dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, lalu bagaimana hubungan antara stres dan olahraga sehingga dapat mempengaruhi kesehatan? stres diyakini berhubungan dengan kondisi mental seseorang, sedangkan olahraga merupakan aktivitas yang meilbatkan fisik. Oleh karena itu stres secara langsung dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang, berkurangnya nafsu makan, insomnia hingga menurunya mood merupakan salah satu ciri stres yang mudah dikenali.

Apabila dibiarkan stres dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang, salah satu cara untuk menghindari stres selama pandemi adalah dengan melakukan olahraga. Namun selama pandemi olahragapun lebih baik dilakukan di rumah, untuk itu Soul Dewi telah merangkum olahraga yang dapat dilakukan di rumah dengan gerakan yang mudah tanpa harus pergi ke pusat kebugaran:


1. Yoga

Yoga merupakan olahraga populer yang berasal dari India, pada prakteknya yoga tidak benyak memakan gerakan fisik yang berat. Sebenearnya yoga bertujuan untuk melatih kekuatan spiritual dan mental seseorang, fungsi yoga yang berkaitan dengan memelihara kesehatan mental serta mampu melawan stres menjadikannya sebagai olahraga populer yang diminati oleh kaum urban yang hidup di perkotaan. Gerakan yoga pada dasarnya terdiri dari latihan olah pernapasan, meditasi ditunjang dengan perpaduan beragam gerakan yang cukup mudah untuk dilakukan, olahraga ini sangat cocok untuk dilakukan di rumah tanpa memerlukan ruangan yang luas.

2. Senam

Olahraga dipercaya dapat meningkatkan suasana hati, dengan gerakan yang cepat dan beragam ditambah dengan iringan musik akan membuat tubuh menjadi bersemangat. Salah satu olahraga yang cocok untuk dilakukan di rumah adalah aerobik, senam aerobik merupakan olahraga kardiovaskuler yang bermanfaat untuk memperlancar aliran darah, menurunkan berat badan, meningkatkan sistem imun dan menjaga kesehatan jantung. Aerobik dapat dilakukan selama kurang lebih 15 sampai dengan 30 menit, selain itu gerakan yang beragam serta mudah dilakukan menjadi salah satu keunggulan mengapa olharaga ini cocok bagi semua kalangan.

3. Kalistenik

Kalistenik merupakan olahraga yang saat ini sedang naik daun, bahkan kini mulai banyak komunitas-komunitas pecinta olahraga kalistenik tumbuh di kota besar, salah satunya di Kota Bandung sebelum Covid-19 melanda biasanya komunitas-komunitas ini berlatih setiap malam di daerah GOR Saparua. Olahraga ini semakin diminati terutama generasi milenial karena gerakan yang cukup mudah dengan bertumpu pada berat badan sebagai beban utama dalam olahraga. Sebenarnya olahraga ini sudah sangat familiar karena gerakan-gerakan yang biasa dilakukan seperti push up, sit up, plank, lunge, chin up dan berbagai gerakan lain nya yang dapat dipadupadankan. Selain membakar lemak olahraga ini juga bermanfaat untuk melatih kekuatan otot. Gerakannya yang cukup sederhana menjadikan olahraga kalistenik layak untuk dicoba di rumah.

4. Lompat Tali

Lompat tali merupakah salah satu olahraga yang sudah akrab di telinga kita, bahkan waktu kecil kamu pasti pernah mengalami bermain lompat tali bersama teman-teman. Di balik gerakannya yang sangat mudah ternyata lompat tali memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, melatih otot kaki, paha dan perut. Selama di rumah aja kamu bisa mencoba olahraga ini, lakukan gerakan meloncat dengan tangan diayun selama kurang lebih 10 sampai dengan 30 menit perhari kemudian kamu bisa mengkombinasikan olahraga ini dengan gerakan lainnya seperti push up atau sit up.

5. Home gym

Sebagai tambahan buat kamu yang sudah memiliki fasilitas olahraga di rumah mungkin hal ini dapat dimaksimalkan dengan semakin rutin berolahraga selama beraktivitas di rumah aja, dengan adanya perlengkapan olahraga di rumah kamu dapat berolahraga semaksimal mungkin tanpa takut perlatan yang terkontaminasi virus atau bakteri dari luar akibat pemakain bersama.

Itu lah lima olaharaga yang dapat dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke tempat gym yang telah dirangkum oleh Soul Dewi. Manfaat olahraga secara umum dapat menjaga kesehatan tubuh dan mental merupakan suatu jalan untuk meningkatan kualitas hidup yang lebih sehat, agar kamu semakin bersemangat saat melakukan aktivitas fisik jangan lupa untuk menyalakan musik yang dapat membakar semangat, agar olahragamu semakin rutin jangan lupa juga untuk membuat jadwal latihan misalkan satu minggu tiga kali baik itu pagi, sore atau malam tergatung dengan waktu luang yang kamu miliki. Untuk saling mendukung hidup sehat dengan imunitas yang kuat serta mental yang terjaga yuk ajak keluargamu di rumah untuk memulai olahraga bersama.


15 views0 comments